1. 410844_400097706667450_123550957_o 243500_210706025628668_6114229_o 240770_210699545629316_4730027_oProgram studi teologi S-1, STT HKBP mempunyai visi mewujudkan Sarjana Teologi yang bermutu dengan memiliki spiritualitas yang tangguh, berintelektualitas yang cemerlang dan komit melayani dengan tulus demi kemuliaan Tuhan dan kesejahteraan umat.
  2. Program studi ini memiliki misi memperlengkapi mahasiswa dengan pemahaman Alkitab, ilmu teologi, dan disiplin ilmu lainnya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan gereja dan masyarakat yang bermutu di tengah pluralitas kehidupan masa kini dan masa yang akan datang.
  • Program strata 1, Sarjana Teologi, dapat diselesaikan dalam kurun waktu antara 8 (delapan) hingga 14 (empat belas) semester.
  1. Program strata 1, Sarjana Pendidikan Agama Kristen. Program ini disesuaikan dengan penugasan dari Dir Jend Kristen (Protestan), Kemenag. RI.
  2. Berdasarkan visi dan misi lembaga dan program studi tersebut, maka tujuan program       studi S-1 STT HKBP ditetapkan sebagai berikut:
    1. Menghasilkan calon pelayan yang memiliki kedewasaan spiritual dan kepribadian yang handal.
    2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengabdi sebagai tenaga profesional baik di gereja maupun masyarakat.
    3. Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi berteologi secara kontekstual, dialogis dan dinamis.
    4. Menghasilkan tamatan yang memiliki wawasan ekumenis Indonesia secara khusus dan dunia pada umumnya.
    5. Menghasilkan tamatan yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan dalam rangka mendukung pengembangan ilmu teologi di Indonesia maupun dunia.

Tujuan program studi ini juga sesuai dengan tujuan lembaga, yaitu:

  • Mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik dosen dan mahasiswa terpelihara melalui pertemuan secara teratur yang berlangsung dalam proses perkuliahan. Di luar perkuliahan terlihat berbagai kegiatan diskusi bulanan. Selain itu forum silaturahmi yang dilakukan setiap semester secara efektif meningkatkan keterbukaan dan saling percaya antara dosen dan mahasiswa.
  • Untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif di program studi S-1 tersedia berbagai sarana seperti ruang kuliah nyaman, taman yang asri, ruang rapat memadai, ruang dosen dan ruang mahasiswa. Selain itu, juga ada bimbingan akademik, pendampingan mahasiswa di luar jam kuliah. Semua ini menjadi sarana yang efektif untuk memelihara interaksi dosen – mahasiswa, dan iklim yang mendorong perkembangan serta kegiatan akademik.
  • Menghasilkan calon-calon pelayan di gereja yang memiliki dedikasi tinggi dan mampu mengkontekstualisasikan ilmunya dalam kehidupan bergereja dan bermasyarakat di Indonesia maupun dunia.

Program studi S-1 memiliki rancangan menyeluruh demi pengembangan suasana akademik yang kondusif untuk pembelajaran seperti yang ditunjukkan lewat distribusi unsur-unsur penilaian yang jelas dan objektif. Prinsip ini tertuang sejak awal perkuliahan di dalam silabus yang dibagikan dan disepakati bersama oleh dosen dan mahasiswa. Untuk menanamkan naluri penelitian para mahasiswa didorong untuk membentuk kelompok diskusi independen yang terkait dengan studi teologi. Pengembangan perilaku kecendekiawaan berlangsung dalam penyusunan karya ilmiah dan kegiatan belajar mandiri.